Pentingnya pendidikan Moral untuk anak kita

Labels:

Pentingnya pendidikan Moral untuk anak kita, Anak adalah cerminan dari orang tuanya, pepatah mengatakan buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya ungkapan ini perlu kita cermati secara mendalam terlebih kita sebagai orang tua. Kita sebagai orang tua memegang peranan yang sangat vital terhadap tumbuh kembang dan pola pikir anak di masa yang akan datang. Begitu pentingnya peranan kedua orang tua dalam mendidik dan membesarkan seorang anak, karena hanya dengan perhatian dari orang tua terhadap anak akan menimbulkan perasaan damai dan anak merasa disayang dan dihargai.

Orang tua perlu memberikan pendidikan yang layak dan sesuai dengan bakat dan kemampuan anak. Orang tua wajib menyekolahkan anaknya di sekolah regular disamping itu pendidikan secara moral perlu juga diberikan supaya anak nantinya jadi tahu diri, bersikap sopan santun dan tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku.  Kita sebagai orang tua sama-sama mengetahui bahwa pendidikan umum itu penting tapi yang tidak kalah penting adalah pendidikan moral untuk anak, kita juga sering mendengar bahwa para koruptor itu juga orang yang berpendidikan tinggi namun moralnya bejat.

Kita harus membangun moral serta mental anak kita sejak dini dengan memberikan contoh dan teladan yang baik, mengajarkan sopan santun dan memberikan dasar pengetahuan agama sehingga nantinya anak kita bukan hanya pandai secara keilmuan tapi juga mempunyai moral dan sikap yang mulia. Bukankah kita akan bangga dengan kesuksesan anak kita, tapi apakah kiata sebagai orang tua akan senang jika anak kita sukses dengan cara yang tidak baik seperti korupsi atau menipu orang? Itulah kenapa kita sebagai orang tua dituntut untuk menjadikan anak-anak kita menjadi penerus bangsa yang baik, karena aib seorang anak akan berimbas pada integritas orang tuanya.

0 comments:

Post a Comment