Cerita Malin kundang si anak durhaka

Labels: ,

Cerita Malin kundang si anak durhaka, Cerita rakyat ini berasal dari daerah sumatera nun jauh disana, tinggal seorang ibu yang sudah tua renta dengan seorang anak muda gagah dan rupawan, pemuda ini bernama malin kundang. Setiap hari ibu malin kundang bekerja keras banting tulang untuk menghidupi si malin yang sejak lama di tinggal ayahnya dan secara otomatis ibu malin yang harus mengambil alih tanggung jawab sebagai penopang kehidupan keluarga. Malin kundang beranjak dewasa dan ia merasa kasihan dengan ibunya, sehingga ia meminta ijin sama ibunya untuk pergi kekota dan mencari pekerjaan sehingga bisa meringankan beban ibunya. Sebagai seorang ibu , beliau tak tega jika harus berpisah dengan anak satu-satunya apalagi sekarang beliau sudah tua dan tidak punya sanak saudara.

Akhirnya setelah bisa membujuk ibunya, malin kundang berangkat ke kota dengan menumpang kapal seorang saudagar kaya tetangganya si malin di desa. Dalam perjalanan kapal yang di tumpangi malin di serang oleh sekumpulan bajak laut yang ingin merampok dan menjarah barang di kapal tersebut, banyak anak buah kapal yang menjadi korban kekejaman bajak laut tersebut, untungnya si malin sanggup menyelamatkan diri dan akhirnya terdampar di sebuah pantai.

Singkat cerita si malin kundang akhirnya menjadi saudagar kaya karena ketekunan dan kepandaianya, ia memiliki harta yang melimpah, kapal besar dan juga anak buah yang banyak. Ia kemudian mempersunting anak seorang saudagar kaya dan akhirnya menikah, berita pernikahan malin kundang sampai ketelinga ibunya, beliau merasa senang dan bangga punya anak yang sekarang kaya raya dan sudah menikah.
Setiap hari Ibu malin selalu menunggu kapal yang bersandar di dermaga, akan tetapi tidak pernah terlihat wajah anak yang di rindukannya sejak lama. Istri malin kundang meminta malin untuk berlayar dan sampailah mereka di dermaga dan bertemu dengan wanita tua renta yaitu ibu si malin kundang. Betapa bahagia ibu malin melihat anak yang dirindukanya pulang tapi berbeda kenyataan malin kundang menolak mengakui bahwa wanita itu adalah ibu kandungnya, bahkan si malin menghardik dan menendang ibunya serta menuduh ibunya berbohong.

Kesabaran ibu malin pun ada batasnya karena kekejaman sikap si malin, beliau berdoa meminta kepada tuhan supaya menjadikan malin menjadi batu karena tidak mau mengakui belaiu sebagai ibu kandungnya. Tuhan akhirnya mengabulkan doa ibu malin dengan sekejap mata tubuh malin kundang pun berubah menjadi superman, eh salah hulk salah lagi… hehehe …malin akhirnya berubah menjadi batu.

Itulah teman-teman cerita si malin kundang anak durhaka, kita dapat mengambil pelajaran hidup bahwa kita harus menghormati bunda kita dan juga ayah kita yang telah membesarkan kita dan menyayangi kita supaya jangan sampai mengalami nasib seperti malin kundang iihh takutt….

0 comments:

Post a Comment